Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

7 Contoh Bakteri Anaerob yang merugikan manusia

Contoh Bakteri Anaerob


Dalam Pengertiannya, Bakteri anaerob adalah bakteri yang tak membutuhkan oksigen. Sebagian jenis dari bakteri anaerob bahkan ada yang tidak mampu hidup bila terkena oksigen, jika ia terkena oksigen maka ia akan mati.

Dalam contoh dibawah ini, ada bakteri anaerob yang menguntungkan dan merugikan, Dan saya akan memberi huruf tebal ataupun huruf miring pada fungsi bakteri anaerob yang baik dan buruk tersebut sehingga tidak menimbulkan kebingungan pada pembaca.

1. Genus Bacteroides - Bakteri ini bisa menguntungkan dan bisa juga merugikan . Bacteroides menguntungkan jika tumbuh dalam saluran pencernaan, Bisa dibilang bakteri ini membantu pencernaan. Ia merugikan jika tumbuh di tempat tertentu yang menyebabkan Pneumonia, meningitis, ataupun sinus.

2. Lactobacili Bacteria / Lactobacilus - Jujur saja, hampir semua orang tau nama bakteri ini dikarenakan adanya iklan di televisi kan? Spesies ini biasanya ditemukan di saluran usus manusia. Bakteri ini termasuk jenis yang baik dan sering juga digunakan dalam pembuatan keju dan yoghurt.

3. Salmonella Bacteria / Bakteri Salmonella - Bakteri anaerob yang satu ini biasanya dikenal sebagai penyebab keracunan makanan dan diare makanan.

Bakteri Salmonella
Bakteri Salmonella 

4. E. Coli Bacteria / Bakteri E. Coli - Tipe lain dari anaerob fakultatif (tidak berspora) adalah bacillus E. coli adalah  yang dinamai dari penemunya Theodor Escherich. E Coli adalah bakteri umum dan ditemukan di saluran usus manusia, burung dan mamalia lainnya. E.Coli dapat menyebabkan masalah pernapasan akut, diare dan infeksi saluran kemih.

Bakteri e coli
Bakteri E-Coli


Dalam Kelompok Genus Clostridium


Genus Clostridium adalah anaerob obligat, yang muncul sebagai batang ketika diamati di bawah mikroskop. Ada tiga jenis yang ditemukan di bawah genus Clostridium. 

5. Clostridium Botulinum - C. botulinum, biasanya ditemukan dalam daging yang tidak ditangani dengan benar dan menghasilkan racun paling mematikan di dunia, botulinum.

6. Bakteri Clostridium tetani  / Clostridium tetani Bacteria

Contoh Bakteri Anaerob yang merugikan manusia
Clostridium tetani / C. Tetani

C. tetani adalah salah satu bakteri anaerob paling berbahaya, ia sering ditemukan sebagai parasit di saluran pencernaan hewan dan sebagai spora di tanah. Bakteri Tetani menghasilkan racun yang disebut tetanospasmin yang menyebabkan tetanus, penyakit yang menciptakan kejang otot yang menyakitkan yang menyebabkan kegagalan pernapasan.

7. Clostridium perfringens Bacteria/ Clostridium perfringens Bakteri

C. perfringens, sebelumnya dikenal sebagai C. welchii, dapat ditemukan di vegetasi yang mati, membusuk, sedimen laut dan di saluran usus manusia. Bakteri anaerob yang satu ini dapat  menyebabkan infeksi seperti keracunan makanan, gangren gas, dan nekrosis jaringan.

Oke, jadi setidaknya sekarang kita sudah tau kan, apa bakteri anaerob yang selama ini ditakuti manusia, seperti salmonella dan tetani, serta yang dibutuhkan manusia seperti Lactobacillus? . Okelah, mudah mudahan contoh bakteri anaerob yang dituliskan diatas dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "7 Contoh Bakteri Anaerob yang merugikan manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel