Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Apa itu Mosi dalam Debat ? Berikut Penjelasannya!

Buat Pecinta debat atau yang sekadar pernah menonton acara debat, baik bahasa inggris dan bahasa Indonesia pasti tak asing dengan kata Mosi debat, sebenarnya apa itu Mosi?

Apa itu Mosi Debat?


Mosi menurut kamus bahasa indonesia berarti 'Keputusan', sedangkan dalam debat, mosi berarti Keputusan yang diperdebattkan.

Dalam bahasa inggris, mosi itu memang berdasarkan keputusan si pembuat debat., karenanya mereka menggunakan kata this house believe / Forum ini percaya..

berbeda halnya dengan di Indonesia, karena mosi debat dianggap sebagai Sebuah topik yang layak untuk diperdebatkan.

Mosi debat dalam bahasa indonesia


Dalam mosi debat indonesia, mosi langsung dibacakan. Contoh: Acara televisi merusak moral bangsa. 

Mosi debat secara tidak langsung juga sering kita lihat di acara televisi, contohnya saja ILC (Indonesia Lawyers Club) yang membawa mosi mosi debat yang segar dan hangat kehadapan Publik, baik tentang politik, bencana, maupun masalah kemanusiaan.


Topik yang diangkat dalam acara tersebut, bisa kita anggap sebuah Mosi debat, karena memenuhi beberapa unsur yang akan saya jelaskan di bawah nanti. 

Mosi debat dalam bahasa Inggris


Kalau debat bahasa inggris, kalimat mosi dimulai dengan 'This House ....' yang artinya Forum ini .....

Jika kalimat tersebut bersifat Pro/positif, maka akan dimulai dengan 'This House Believes ....' / 'This House Support....'- Forum ini percaya bahwa.... / forum ini mendukung...

sedangkan jika kalimat tersebut bersifat kontra/negatif, maka dimulai dengan 'This House would Ban' yang  artinya 'Forum ini akan melarang...'

Contoh lengkap : This house believe all Nations have a right to nuclear weapon / Forum ini percaya bahwa setiap Negara punya hak memiliki senjata nuklir

Banyak juga yang bertanya Bagaimana menyusun mosi debat ?


Sebenarnya tidak ada kaidah penyusunannya, Mosi biasanya memiliki beberapa poin yang bisa dirasakan ketika mendengarnya. Yang pertama adalah Fokus, yang artinya semua orang tau kalau masalah itu sering dibicarakan.

Yang kedua adalah seimbang, yaitu antara poin pro dan kontra-nya jika diuraikan akan punya argumen yang sama kuatnya. Yang ketiga gitu 

Yang ketiga adalah menarik, Karena debat ini biasa ditonton orang banyak, maka topik haruslah menarik dan bukan yang membosankan. Nah, yang keempat / terakhir debat harus memiliki Konklusi dan Solusi.

-Setelah penjelasan panjang ini, mungkin masih ada poin yang terlewatkan. Jangan lupa kolom komentar selalu terbuka untuk pertanyaan kalian.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Mosi dalam Debat ? Berikut Penjelasannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel